Senin, 21 Maret 2011

Macam-Macam Browser Terpopuler


1. Internet Explorer

   Internet Explorer adalah sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi mutakhir untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft jg mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.


    2. Mozilla Firefox
   Mozilla Firefox aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird. Mozilla firefox adalah penjelajah web antar-platform gratis yg dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Melalui Firefox, Yayasan Mozilla bertujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan bisa dikembangkan . Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yg sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan utk menambah fungsionalitas tambahan.


   3. Opera
   Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar plat-platform.     Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi. pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994. Hingga Juli 2006, Opera telah mencapai 9 versi yang dapat diunduh gratis.



4. Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering Web Kit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Para ahli yang ada di Google sering meluangkan waktu mereka untuk bercakap – cakap, e-mail dan saling berhubungan dengan para teman – teman. Karena mereka sering menggunakan internet, mereka mulai serius berpikir untuk membuat sebuah browser dan membangun semua unsur – unsur terbaik di sana. Kita menyadari bahwa web telah meningkat dari halaman teks sederhana ke aplikasi yang interaktif. Apa yang benar – benar kita perlukan bukan hanya suatu browser, tetapi juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi, dan sejak itulah Google mulai membangun browser itu. Mereka bekerja keras di tempat mereka bekerja untuk membangun versi Mac dan Linux juga, dan akan melanjutkan untuk membuat lebih sempurna dan lebih cepat lagi.



Dikutip dari: Buku LKS TIK Kelas 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar