Rabu, 16 Februari 2011

Makanan Eropa yang Cocok di Lidah Asia


Makanan Eropa sering disajikan di restoran mahal dan hotel-hotel bintang lima. Bumbu-bumbu yang kaya rasa dan proses memasak yang tidak biasa menjadikan makanan dari semenanjung Eropa ini menjadi makanan yang istimewa dan pastinya lezat.

Bahan makanan yang sering dipergunakan dalam masakan Eropa sebetulnya hanya seputar daging seperti daging ayam, daging sapi, daging ayam kalkun, daging bekicot juga pasta yang ditambahkan dengan saus. Bahan olahan lain seperti kentang, mayonnaise, keju, gandum, dan rempah-rempah seperti jahe dan bumbu khusus dari negara-negara Eropa lainnya.
Tidak semua makanan Eropa sesuai dengan lidah orang-orang dari Benua Asia. Namun, ada beberapa masakan Eropa yang cukup terkenal dan sering menjadi menu pilihan di beberapa restoran Eropa yang tersebar luas di seluruh dunia.
Di antara makanan itu adalah:
  • Chicken Ccordon Bleu
Makanan yang terbuat dari ayam filet ini berasal dari Perancis. Dihidangkan dengan irisan keju dan daging asap yang digulung dengan tepung, telur ayam dan Italian seasoned bread crumbs. Cara memasaknya dengan digoreng atau dipanggang. Disajikan dengan saus bawang putih dan mentega atau tomato picatta sauce.
  • Mashed Potato Saus Jamur
Kentang dan beberapa sayuran lain seperti wortel, kacang polong dan jagung beku direbus bersama kemudian dihaluskan bersama bumbu-bumbu dan krim kental yang dicampur dengan kaldu ayam. Mashed potato biasanya disajikan dengan saus jamur yang ditumis dengan bawang putih, kaldu ayam bubuk, dan garam kemudian dicampur dengan keju cheddar parut dan susu cair.
  • Escargot
Makanan ini berisi daging bekicot yang dibumbui cuka, pemanis, dan jahe. Makanan khas Perancis banyak diminati karena kandungan gizinya yang tinggi seperti kalsium dan asam amino. Kandungan proteinnya dalam 100 gram dagingnya adalah sekitar 12 gram dengan lemak 1 % , fosfor 78 gram dan vitamin B komplek.
  • Italian Lasagna
Pasta telah menjadi makanan khas Italia sejak dulu. Lasagna merupakan salah satu bentuk olahan pasta dengan  campuran daging, ayam, makanan laut, dan sayuran yang dipanggang bersama dalam oven.
  • Italian Pizza
Pizza dalam Bahasa Itali berarti kue. Terbuat dari adonan ragi yang dibentuk menjadi lingkaran dan dipanggang seperti roti. Untuk toppingnya biasa diberi irisan tomat, keju, paprika, potongan daging asap, ham, dan saus tomat atau cabai.
  • Italian Spaghetti
Pasta direbus dan di atasnya diberi tumisan bawang bombai, bawang putih, smoked beefjamur kancing, dan margarin. Sirami dengan saus krim keju dan susu cair, merica bubuk, dan irisan piterseli. Lalu, pada saat disajikan taburkan keju parmesan di atasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar